Skip links

Pencak Silat sebagai Tradisi Bangsa

Pencak silat terkenal sebagai seni bela diri. Namun sebenarnya Pencak Silat termasuk tradisi bangsa Indonesia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Selain olahraga, aliran Pencak Silat juga meliputi aspek mental-spiritual, bela diri, dan seni. Kata Pencak Silat terdiri dari dua kata yaitu pencak dan silat. Istilah “pencak” terkenal di Jawa, sedangkan istilah “silat” atau “silek” terkenal di Sumatera Barat. Gerakan gaya Pencak Silat sangat dipengaruhi oleh berbagai elemen seni. Gerakan dan gaya tersebut adalah kesatuan gerak tubuh (wiraga), gerak indera (wirasa) dan gerak berbasis musik (wirama). Perlengkapan pendukung Pencak Silat meliputi pakaian, alat musik dan senjata tradisional.

Praktisi Pencak Silat diajarkan untuk menjaga hubungan dengan Tuhan, manusia, dan alam. Praktisi ini juga dilatih dalam berbagai teknik untuk menghadapi serangan atau situasi berbahaya lainnya berdasarkan prinsip untuk melindungi dirinya sendiri dan juga orang lain, menghindari menyakiti pelaku, dan membangun persahabatan. Pencak Silat sering dilakukan dalam berbagai upacara ritual dan perayaan. Pria dan wanita dari segala usia, serta penyandang cacat, semuanya dapat berlatih Pencak Silat. 

Mereka biasanya akan belajar di sekolah Pencak Silat atau sekolah akademik mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Fungsi sosial Pencak Silat adalah untuk mempererat persahabatan antar anggota sekolah dan antar sekolah, menjaga ketertiban sosial, dan memberikan hiburan untuk upacara ritual. Fungsi lainnya adalah penggunaannya dalam penyembuhan masalah otot dan tulang.

Makna budaya juga tersampaikan dalam tradisi lisan dan ekspresi masing-masing sekolah. Sebagian besar frasa yang diajarkan di sekolah menyampaikan pesan moral dalam bahasa daerah berdasarkan nilai-nilainya. Upacara ritual tertentu menghadirkan rangkaian makna budaya, seperti upacara Palang Pintu dalam budaya Betawi, di mana laki-laki harus memperjuangkan cintanya, melindungi keluarganya, beradaptasi dengan keluarga pasangannya, sekaligus menunjukkan kemampuannya dalam menafkahi dirinya. keluarga. Upacara serupa seperti Parebut Seeng dan Begalan masing-masing dapat ditemukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Saf/Put)

Sumber: https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/

Leave a comment

Name*

Website

Comment