Skip links

Bangunan Seribu Pintu yang Penuh akan Sejarah

Lawang sewu merupakan tempat bersejarah milik Pemerintahan Kolonial Belanda yang awalnya jalur perkeretapian pertama di Indonesia yang telah menghubungkan stasiun Samarang NIS dan stasiun Tanggung dibangun pada tahun 1864 dan selesai pada tahun 1867. Setelah itu di tahun 1873, jalur kereta api dibangun guna menghubungkan Semarang-Solo-Yogyakarta oleh Nederlansch-Indische-Spoorgweg Maatschappij (NISM), termasuk Kedungjati-Ambarawa sepanjang 206 km.

Kemudian  Lawang Sewu di bangun menjadi Gedung untuk Kantor Pusat Perusahaan  Kereta Api Swasta (Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij-NIS) dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada 1 Juli 1907. Dari ini dapat dilihat sebagai bukti awal sejarah perkembangan perkeretapian di Indonesia. Pembangunan pada gedung Lawang Sewu (Seribu Pintu) ini dirancang oleh Prof. Jakob F. Klinkhamer dan B.J Ouendag yang merupakan arsitek dari Amsterdam, pada bangunan ini memiliki ciri yang khas yakni elemen lengkung dan ornament kaca patri pabrikan milik Johannes Lourens Schouten. Pada kaca patripun memiliki makna yang bercerita tentang kemakmuran dan keindahan Jawa.

Dengan seiringnya tahun dan pergantian pemerintahan sehingga Indonesia diduduki oleh sekutu Jepang, Lawang Sewu beralih sebagai Kantor Riyuku Sokyoku (Jawatan Transportasi Jepang) pada periode tahun 1942 hingga 1945. Di tahun berikutnya yaitu pada  tahun 1946 Lawang Sewu sempat digunakan oleh tentara Belanda sebagai markas sehingga kegiatan perkantoran DKARI beralih ke bekas de Zustermaatschappijen.

Setelah itu Republik Indonesia telah diakui berdaulat di tahun 1949 dan digunakan oleh Kodam IV Diponegoro. Dan pada akhirnya tepat di tahun 1994 Lawang Sewu diserahkan kembali kepada kereta api melalui Perusahaan Umum Kereta Api (PERUMKA) yang kemudian berganti nama menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) . /(Put)

 

Sumber:

http://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/cagarbudaya/detail/PO2015071300003/lawang-sewu

Foto: Putri Riskyana

Leave a comment

Name*

Website

Comment