Skip links

Pertemuan Bidang Kebudayaan Jateng Bersama Disbudpar Kab. Purworejo

SEMARANG – (25/3) Bidang Kebudayaan mengadakan pertemuan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kab. Purworejo. Bertempat di Ruang Sidang Kadinas Disdikbud Prov. Jateng, pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas koordinasi Usulan Penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dan pembentukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Koordinasi penetapan WBTb itu dilakukan bersama Sie Sejarah & Tradisi dimana Disbudpar Kab. Purworejo menyampaikan laporan periodik WBTb serta pencatatan beberapa kuliner dan adat istiadat sebagai WBTb, seperti kue lompong, dawet ireng dan kue Bagelen serta Jolenan Somongari (tradisi masyarakat Purworejo).

Sementara itu, pembentukan TACB dilakukan dengan Sie Cagar Budaya. TACB merupakan kelompok yang bertugas merekomendasikan benda maupun bangunan kepada pemerintah untuk ditetapkan sebagai cagar budaya.

TACB berisi kelompok ahli pelestarian dari beberapa bidang ilmu yang memiliki sertifikat kompetensi untuk melakukan penelitan, rekomendasi penetapan, pemeringkatan dan atau penghapusan Cagar Budaya. Bidang keilmuan TACB selain arkeolog, diantaranya yakni seni, antropologi, sejarah, sastra, geografi, arsitek, dan masih banyak lagi.

Dari pertemuan tersebut, diharapkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dapat berjalan baik, sehingga pelestarian budaya bisa terlaksana dengan baik. (Saf)

Leave a comment

Name*

Website

Comment