Skip links

Tari Selendang Pemalang

PEMALANG- Sebanyak 100 penari tampil mempertunjukan Tari Selendang Pemalang dalam acara pembukaan Pesta Rakyat

Jawa Tengah di pantai widuri pemalang, mereka tampil langsung dihadapan Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tari Selendang Pemalang berasal dari kata slendang dalam bahasa Pemalang identik dengan kata lendang yaitu “perlengkapan yang digunakan untuk menari”, sedangkan Pemalang adalah nama daerah atau kota, sehingga arti tari selendang Pemalang adalah “tari yang menggunakan selendang yang berasal dari Pemalang”.

Tari selendang Pemalang tidak mempunyai gerakan khas yang berasal dari Pemalang, karena gerakan dari tari selendang Pemalang mengambil dari etnis-etnis yang dulu pernah tinggal di daerah Pemalang. Unsur-unsur gerak tarinya diambil dari ragam gerak Yogyakarta, Surakarta, Banyumas, dan Sunda, karena dulu orang-orang yang berasal dari daerah tersebut membawa kebudayaan masing-masing dari daerah asal mereka ke Pemalang.

Tema Tari Slendang Pemalang adalah Tari rakyat, jadi penggunaan busananya pun sangat sederhana dan seadanya, tidak harus seperti apa yang sering ditampilkan tari yang lain yang terkesan mewah, karena yang terpenting dan tidak di tinggalkan adalah penggunaan Selendang sebagai properti. Selendang yang digunakan ujungnya ditali menjadi simpur dengan maksud agar orang-orang Pemalang dapat menyimpan rahasia dengan baik dan benar.

Busana dan riasan yang digunakan bisa diganti sewaktu-waktu, karena tidak ada busana khusus dari tarian tersebut, karena pada dasarnya hanya menggunakan kain batik yang berasal dari Pemalang, dengan tujuan supaya dapat memperkenalkan batik pemalang kepada masyarakat. Hiasan sanggul menggunakan untaian bunga melati yang dibentuk melengkung, dengan jumlah lima lengkungan. Kelima lengkungan tersebut merupakan simbol dari kelima sila dari Pancasila yang menjadi dasar pemikiran dan tingkah laku masyarakat Pemalang.

Leave a comment

Name*

Website

Comment